Belajar Kursus SEO Dengan Tool Cek Plagiasi Konten Free

Kursus Seo – Konten asli merupakan kunci penting untuk kemajuan website dalam persaingan di halaman mesin pencari. Saat ini, google adalah mesin pencari terbesar di dunia yang banyak diminati orang-orang.

Saat melihat adanya konten yang memiliki unsur plagiarisme, tentunya google tidak main-main dalam hal ini. Bahkan akan melakukan tindakkan deindex konten. Sekarang banyak pengguna yang senang dengan konten asli yang dibuat sendiri dibandingkan hasil duplikat.

Untuk itu, agar tetap konten tetap asli (no plagiarisme), Anda wajib menjaganya. Dengan belajar kursus SEO, Anda disini akan menyimak beberapa tool cek plagiasi konten free dan premium yang bisa di andalkan.

Cara menjaga konten tetap berkualitas, bukan plagiarisme?

Saat ini jumlah konten di Internet telah meningkat secara signifikan. Namun dari segi kualitasnya terbilang buruk dan kurang. Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa banyak pengguna mengembangkan situs hanya untuk berpartisipasi dalam kompetisi, atau tugas sekolah, dan hanya demi lalu lintas.

Akhirnya konten seringkali tidak dibuat manual, tetapi dari hasil penyalinan situs lain. Oleh karena itu, agar tidak menambahkan konten buruk ke Internet, pembuat konten saat ini dihadapkan dengan setidaknya dua masalah signifikan.

Yakni membuat konten unik pada semua topik, atau memeriksa konten dengan penulis lepas tentang keaslian tulisan. Keduanya wajib diperhitungkan dengan baik, jadi pengunjung bisa mempercayai situs dan merekomendasikan situs Anda sebagai tautan atau referensi.

Sekarang terdapat beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa artikel yang mengandung plagiarisme, atau untuk memeriksa plagiarisme yang dibuat oleh situs lain:

  1. Copyscape

Copyscape menawarkan layanan cek plagiarisme gratis untuk menemukan salinan halaman situs Anda di Internet. Ini bisa menjadi solusi untuk mencegah pencurian konten bahkan penipuan. Anda hanya perlu memasukkan URL situs dan Copyspace akan secara otomatis memeriksa tingkat afinitas konten Anda.

Nantinya Anda akan melihat konten yang di beli, apakah telah disalin atau dicuri. Artikel yang telah diterbitkan di situs lain, akan merusak reputasi. Hal ini juga akan memengaruhi peringkat konten dalam halaman pencarian google.

Validasi menggunakan Copyscape wajib dilakukan sehingga konten yang Anda buat tidak diakui sebagai plagiarisme. Namun terdapat batasan jumlah penggunaan versi gratis di Copyscape. Untuk mendapatkan akses penuh, Anda wajib membeli layanan premiumnya.

Copyscape tidak hanya untuk memeriksa plagiarisme, namun menawarkan layanan lain. Diantaranya, API Premium, Free Comparison Tool, Copysentry, dan Free Plagiarism Banner. Banner Plagiarisme sangat menarik jika dibandingkan dengan semua layanan yag ditawarkan. Anda dapat menggunakan tools kursus seo ini untuk memasukan plagiarism banner di halaman situs Anda.

  1. DupliChecker

DupliChecker menawarkan Anda untuk dapat melakukan pengecekan konten atau file secara langsung. Situs ini memiliki halaman khusus untuk memeriksa konten plagiarisme. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan konten, namun maksimum jumlah katanya hanya 1000 yang dapat diakses.

Saat menggunakan DupliChecker untuk memeriksa tingkat plagiarisme konten, Anda akan diberikan informasi tentang seberapa banyak konten Anda dalam persentase mirip dengan konten lainnya. Jika konten tidak menunjukkan tanda-tanda kemiripan, informasi “No Plagiarism Detected!” Akan ditampilkan di situs tersebut.

Tidak hanya memeriksa tingkat konten untuk penjiplakan, situs ini juga menyediakan sistem verifikasi lain, seperti paraphrasing, grammar, domain authority, keyword position checker, backlink checker, dan lainnya.

  1. Dustball

Jika ingin menggunakan situs cek konten plagiarisme sederhana, Anda bisa memilih Dustball. Di situs ini, Anda akan melihat kolom kosong untuk mengisi konten yang ingin dicek. Tidak hanya bisa Anda jadikan untuk memeriksa konten, namun situs ini bisa cek dokumen Microsoft Word.

Cara menggunakannya sederhana. Salin dan tempel konten apa pun ke dalam bidang  kosong yang ada disana. Selanjutnya bisa langsung klik tombol Check the paper, dan secara otomatis akan melakukan pemeriksaan dokumen tadi.

Namun terdapat batasan dalam penggunaan validasinya. Saat Anda melebihi batas nilai yang berikan, peringatan terjadi dengan kata ” Free Limit Reached” ditampilkan. Batas pengecekkan yang ditentukan adalah 1000 kata setiap hari untuk semua Negara.

  1. PlagTracker

PlagTracker menjadi salah satu situs yang menawarkan tools lengkap untuk memeriksa konten plagiarisme. Tetapi semua fitur yang ditawarkan tidak gratis, dimana Anda harus menggunakan layanan premium dari PlagTracker.

Dengan layanan premium, Anda bisa menikmati fitur seperti cek grammar, laporan cepat, laporan berbentuk PDF,  cek file (.doc, docx, .txt), cek database, cek volume unlimited, dan lainnya.

Situs ini menjadi tools penyedia cek konten plagiarisme profesional. Ada tim profesional yang siap memeriksa konten Anda nantinya. Perintah yang diusulkan akan memeriksa masing-masing sintaks, tata bahasa dan kesalahan penulisan kata.

PlagTracker juga menawarkan layanan gratis kepada pengguna dengan memberikan batasan cek plagiarisme hingga 5000 kata.

  1. PlagScan

Satu lagi ada situs yang menyediakan layanan cek konten plagiarisme online yang bermanfaat yaitu PlagScan. Disini Anda cukup melakukan beberapa klik dan bisa langsung memverifikasi keaslian teks. Pengecekan ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Ketika Anda ingin menggunakan file PDF untuk dicetak, atau berkolaborasi dengan orang lain melalui laporan di browser, Anda bisa menikmati fitur seperti ini dengan PlagScan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan ini secara gratis dalam waktu beberapa hari setelah mendaftar jadi anggota. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran untuk menikmati pengalaman lebih.

Tersedia empat pilihan pengguna yaitu sekolah (school), single user, bisnis (business), dan pendidikan lebih tinggi (higher education). Untuk pengguna single user, layanan yang ditawarkan sangat aman dan percaya PlagScan mampu untuk mengutip konten pihak ketiga tanpa tanda-tanda plagiarisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *